Pembangunan Jalan Tol Surabaya – Mojokerto

Pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Surabaya, 17 juli 2011

Lokasi Proyek

Ruas tol Surabaya-Mojokerto merupakan salah 1 ruas dari Proyek Jalan Tol Trans-Jawa dan tidak dapat dipungkiri bahwa pembangunan jalan tol trans-Jawa dari Cikampek, Jawa Barat sampai Surabaya, Jawa Timur dianggap sebagai kunci bagi perkembangan ekonomi di pulau Jawa khususnya sektor industri. Para perencana dan pengambil keputusan menganggap bahwa dengan kondisi prasarana transportasi saat ini, khususnya jalan raya, tidak mendukung perkembangan sektor industri untuk bersaing global. Kondisi jalan raya saat ini dianggap penghambat daya saing sektor industri di pulau Jawa. Apakah pembangunan jalan tol Trans-Jawa merupakan solusi terbaik bagi perkembangan ekonomi di pulau Jawa.
Seiring dengan jalannya waktu dan meningkatnya perekonomian pendukduk kota Surabaya dan sekitarnya, kota – kota di Jawa Timur terutama yang dekat dengan kota Surabaya terkena pengaruh perkembangan kota sedikit demi sedikit beranjak meningkat pada sektor ekonomi, karena diakibatkan oleh pertumbuhan ekonomi global secara internasional.
Dalam kurun dua dasa-warsa terakhir ini peningkatan perekonomian Jawa Timur telah menjadi pesat, terutama dikota – kota di kabupaten Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Mojokerto dan Lamongan. Peningkatan perekonomian ini dikarenakan oleh tumbuhnya industri didaerah-daerah tersebut. Hal ini diiringi oleh peningkatan pemukiman penduduk pada daerah-daerah sekitar kota-kota tersebut diatas.
Dengan adanya hal tersebut diatas maka secara simultan peningkatan lalu – lintas kendaraan yang melalui jaringan jalan juga menjadi sangat padat hingga melampaui kemampuan kelas jalan yang tersedia, walau Bina Marga secara periodik telah meningkatkan kelas serta kemampuan jalan yang ada.
Pemerintah daerah dalam hal ini Badan Pengelola Jalan Tol (B.P.J.T.) dengan seksama selalu mengamati hal tersebut, sehingga menurut hasil survey disimpulkan perlunya Pembangunan Jalan Tol disekitar kota Surabaya, salah satunya adalah Ruas Jalan Tol Surabaya – Mojokerto ini.

Maksud dan Tujuan Proyek

Dengan situasi dan kondisi tersebut pada Sejarah Proyek diatas, pemerintah sangat perlu membangun Jalan Tol di daerah Surabaya dan sekitarnya, yaitu ruas Surabaya – Mojokerto. Maksud dan Tujuan pemerintah membangun Jalan Tol Surabaya – Mojokerto ini adalah:

  1. Untuk meningkatkan pelayanan para pengguna jasa transportasi, yang pada akhirnya demi meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat terutama di sekitar daerah yang dilalui jalan tol tersebut
  2. Untuk mengalihkan arus lalu-lintas dari jalur utama supaya tidak mengalami overload atau kemacetan yang akan mengganggu aktifitas / kegiatan perekonomian daerah tersebut.

Lingkup Pekerjaan Proyek

 Jalan  Tol Surabaya–Mojokerto memiliki panjang 36,27 km, melewati 4 Daerah      Tk II, yaitu:  Kab.Sidoarjo, Kota Surabaya, Kab. Gresik dan Kab. Mojokerto.

Jalan tol Surabaya-Mojokerto dibagi dalam 2 (dua) karakter yaitu :

  1. Jalan tol dalam kota (urban section) yang dimulai dari km 8+800 sampai dengan km 14+200

2.  Jalan tol luar kota (rural section) yaitu pada lokasi mulai dari km 14+200 sampai dengan km 42+840 dan mulai dari km 50+00    sampai dengan km 52+470.